Beranda | Artikel
Nasihat bagi Para Jamaah Haji (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Senin, 7 September 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Nasihat bagi Para Jamaah Haji

Ringkasan Ceramah Singkat: Nasihat bagi Para Jamaah Haji

Sesungguhnya di dalam haji terdapat pelajaran yang sangat banyak sekali, baik itu pelajaran yang berhubungan dengan masalah tauhid, manhaj, ataupun tazkiyatun nufus, karena haji merupakan momen yang sangat penting sekali untuk senantiasa kita mengingat tentang hikmah-hikmah yang agung dari pensyariatan haji itu, di mana yang paling besar adalah memetik hikmah haji dari sisi aqidah.

Haji adalah simbol tauhidullah, simbol kepasrahan seorang hamba kepada Rabb-nya, simbol ketaatan seorang hamba yang total kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lihatlah yang diucapkan oleh jamaah haji di saat mereka berihram, kalimat-kalimat yang penuh dengan tauhidullahi Jalla wa ‘Ala.

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ ، لَبَّيْكَ لا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنَّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لا شَرِيكَ لَكَ

Ketika kita berkata “Ya Allah, aku menyahut panggilanMu.” (لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ), ini menunjukkan hakikat daripada perealisasian sebagai seorang hamba untuk menyahut panggilan Allah dan RasulNya. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَجِيبُواْ لِلّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُم لِمَا يُحْيِيكُمْ … (الأنفال: ٢٤)

“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu …” (QS Al-Anfal [8]: 24)

Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan setiap hamba-hambaNya untuk menyahut panggilan Allah dan RasulNya. Inilah dia, kita menyahut panggilan Allah untuk berhaji.

Silakan simak dan download ceramah agama singkat tematik yang sangat bermanfaat ini, terutama bagi Anda, para calon jamaah haji.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Yahya Badrusalam – Nasihat bagi Para Jamaah Haji

Sebarkan yuk ceramah ini dan bagikan tautannya ke Facebook, Twitter, dan Google+, semoga banyak saudara Muslimin yang akan menunaikan ibadah haji dapat turut menyimak nasihat ini dan memetik manfaat yang banyak darinya. Begitu pula dengan kita, semoga kita memperoleh pahala yang berlimpah atas kebaikan tersebut. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/15738-nasihat-bagi-para-jamaah-haji-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/